Selasa, 18 Agustus 2015

ekonomi, cadangan devisa



Lama tidak melakukan posting, sekarang saya akan posting tentang beberapa soal latihan yang biasa diberikan oleh guru ketika membahas bab Cadangan Devisa

  Soal:

1)      Jelaskan factor penyebab bertambah dan berkurang cadangan devisa suatu Negara!
2)      Jelaskan beberapa cara untuk meningkatkan cadangan devisa suatu Negara!
               

Jawaban:
1)     Faktor Penyebab Bertambah dan Berkurang Cadangan Devisa Suatu Negara
1.      Valuta Asing
Menurut M. Nosihin (1983), dikatakan bahwa penerimaan yang diterima pemerintah dalam bentuk valuta asing yang kemudian ditukarkan dengan rupiah, maka dalam proses pertukaran ini, akan meningkatkan cadangan aktiva Bank Indonesia dan jumlah uang beredar bertambah dengan jumlah uang yang sama. Jadi antara cadangan devisa dan jumlah uang beredar hubungannya cukup erat, dimana jumlah cadangan devisa yang ditukarkan menambah jumlah uang beredar dalam jumlah yang sama (Nilawati, 2000:161).
2.      Pengeluaran Masyarakat
Menurut Khon, dikatakan bahwa suatu negara kecil dengan sistem perekonomian terbuka yang menggunakan sistem kurs devisa tetap ditentukan Fixed Exchange Rate System, kenaikan pengeluaran masyarakat dapat berarti pula kenaikan pendapatan masyarakat. Kalau kenaikan pengeluaran tersebut mengakibatkan kenaikan impor, hal ini mengakibatkan turunnya cadangan devisa (Nilawati,2000:161)
3.      Ketergantungan Impor Dan Transfer Neto serta Penurunan Ekspor
Menurut Arief (1999:4), dijelaskan bahwa ketergantungan impor dan transfer neto yang tinggi membahayakan neraca pembayaran yakni defisit transaksi berjalan dan defisit modal yang terus menerus meningkat. Akibatnya cadangan devisa menjadi semu, artinya banyak mengandung dan bahkan didominasi oleh komponen utang luar negeri. Cadangan devisa tidak lagi diperoleh dari surplus ekspor, tetapi dari pinjaman luar negeri. Sebagian besar pinjaman luar negeri digunakan untuk menutup defisit transaksi berjalan dan membayar angsuran pokok utang luar negeri (Tulus T.H. Tambunan,2000:152-153)
4.      Pembayaran bunga utang luar negeri pemerintah.
5.      Pemenuhan kewajiban BUMN untuk pembayaran impor bahan baku.
6.      Intervensi BI untuk meredam atau menahan kejatuhan rupiah lebih dalam lagi.
7.      Hadiah dan bantuan dari badan-badan PBB seperti UNDP, UNESCO, serta pemerintah asing, seperti pemerintah Jepang dan Arab Saudi.
8.      Laba dari penanaman modal di luar negeri. Misalnya TKI yang bekerja di luar negeri serta laba perusahaan WNI dan milik negara yang ditransfer.
9.      Pembiayaan perwakilan Negara diluar negeri

2)     Cara Meningkatkan Cadangan Devisa Suatu Negara:
1.      Untuk Bank Indonesia
·        Terus menjaga depresiasi rupiah tidak makin liar. Beruntung rupiah sejak Januari hingga akhir Juni 2013 hanya terdepresiasi sebesar 3,01 persen (year to date). Padahal regional justru mengalami depresiasi lebih besar dari Indonesia.
·        BI harus meyakinkan kepercayaan pasar bahwa fundamental ekonomi Indonesia masih bagus. Sehingga asing akan tetap menahan dollar AS-nya di Indonesia.
2.      Menggenjot ekspor habis-habisan.
3.      Mengurangi impor barang konsumsi.
4.      Menjadwalkan kembali pembayaran utang luar negeri pemerintah maupun swasta tapi ini jika memungkinkan.
5.      Menciptakan iklim investasi yang baik sehingga dana asing masuk serta menghentikan kredit dalam dollar AS untuk sementara waktu.
6.      Memperbaiki neraca perdagangannya maupun defisit transaksi berjalan, maka cadangan devisa  akan membaik.
7.      Meningkatkan daya persaingan.
8.      Meningkatkan penerimaan Negara melalui sektor jasa pariwisata di Negara tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar