Jumat, 01 Maret 2013

    • PENGETAHUAN TENTANG INTERNET DAN INTRANET.
      Pendahuluan Dewasa ini internet sudah merambah berbagai bidang kehidupan, baik sosial, budaya,ekonomi, teknologi, maupun pendidikan. Manfaat yang diperoleh , pertama, cepat dalam melakukan pencarian informasi dan pengetahuan/berita, kedua, dapat melakukan komunikasi dan pengiriman data secara cepat dan efisien. Di bidang pendidikan, internet sangat berguna dalam proses belajar mengajar di sekolah, dimana siswa dapat melengkapi pengetahuannya sedangkan guru dapat mencari bahan ajar yang sesuai dan inovatif melalui internet1. Internet dan Intranet. 
    •  1. Internet internet = internet networking artinya jaringan-jaringan komputer yang saling berhubungan. Lebih jelasnya, internet adalah gabungan jaringan komputer di seluruhdunia yang membentuk suatu system jaringan informasi global. A. Sejarah Internet Internet diawali pada tahun 1969, masih bernama ARPANET. Jaringan terdiri beberapa komputer di universitas di Amerika. Muncul kata internet setelah ditemukan protocol TCP/IP mampu menyatukan beberapa sistem jaringan yang berbeda.B. Layanan Internet. 1) WWW (WorldWideWeb), atau lebih sering disebut Browser Internet. 2) FTL ( File Trensfer Protokol), layanan untuk melakukan pertukaran data. 3) E-mail (Electronic Mail), komunikasi antar pengguna internet melalui surat elektronik, yaitu surat berupa file yang dapat dibuka menggunakan komputer. 4) Milist (Mailing List), sebuah alamat e-mail yang didalamnya berisi beberapa alamat e-mail anggota. Contoh :YahooGroups 5) Newsgroup, atau kelompok diskusi yang menyampaikan pendapat dan tanggapan atau topic tertentu. Pendapat dan tanggapan tidak melalui e-mail, namun langsung tampil dalam layanan tesebut. 6) Telnet, mengakses data ke komputer lain di internet dan menjalankan program programnya. 7) Gopher, layanan internet berbasis teks, namun sekarang sudah tergantikan oleh WWW. 8) IRC (Internet Relay Chat), layanan hampir sama dengan Milist, namun tidak dikususkan dalam topic tertentu. 9) VOIP (VoiceOver Internet Protocol), merupakan layanan untuk telpon lewat internet, hemat pulsa, karena hanya menggunakan pulsa lokal saja. C. Bagaimana Komputer Dapat Terkoneksi ke Internet Untuk dapat berinternet, harus diperlukan beberapa hal berikut :1) 1) Perangkat keras. 2) Perangkat lunak. 3) Protocol. 4) Saluran telekomunikasi. 5) Sambungan keISP (Service Provider), penyedia layanan internet.
  • 2. Intranet. Merupakan jaringan sistem informasi internal suatu perusahaan atau organisasi yang prinsip kerjanya sama dengan internet. Akses internet memerlukan identifikasi pengguna dan password, sehingga hanya dapat diakses oleh anggota organisasi atau karyawan perusahaan. A. Keuntungan Intranet 1) Produktifitas kerja, dapat menemukan informasi secara tepat. 2) Efisiensi kerja, dapat memberikan informasi yang lengkap kepada paraanggotanya. 3) Komunikasi, intranet memberikan fasilitas komunikasi efektif antar anggota didalamnya. 4) Sistem Publikasi Web, yaitu data-data organisasi dapat diakses dengan mudahke internet. 5) Efektif itas biaya, pengguna dapat melihat atau membaca data melalui web browser. 6) Keseragaman informasi, menjamin keseragaman informasi. 7) Meningkatkan kerjasama, yaitu mudah diakses semua pengguna resmi, kualitas kerja meningkat. B. Kelemahan Pengguna intranet. 1) Informasi yang salah mengurangi produktivitas. 2) Pengiriman data yang kurang sesuai dengan etikas (kasar/kurang sopan). 3) Diperlukan pelatihan/training. 4) Diperlukan tenaga ahli untuk membangunIT di lembaga tersebut. 5) Peryimbangan keamanan data yang kurang dapat dijamin. 6) Karena bebas pengiriman data, kadang dapat terjadi data penuh (overload), jika tidak dikontrol dengan baik.Jaringan Komputer :Klasifikasi jaringan komputer dibagi atas tiga jenis yaitu : Local Area Network (LAN)Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung ataukampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untukmenghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaanatau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (resource, misalnya printer) dan salingbertukar informasi. Metropolitan Area Network (MAN)Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebihbesardan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakupkantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapatdimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dansuara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televise kabel.
  • Wide Area Network (WAN)Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkalimencakup sebuah Negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yangbertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai. InternetSebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras danperangkat lunak yang berbeda beda. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untukbisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringn lainnya. Keinginan seperti inimemerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kampatibel dan berbeda. Biasanyauntuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukanhubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat kerasmaupun perangkat lunaknya.Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebutdengan internet.Namun secara umum, dan pada praktisnya pada saat ini kita mengenal jaringan ada dua yaitu :LAN dan WANPenggolongan jaringan komputer berdasarkan metode koneksi Berdasarkan metode koneksinya, jaringan dapat dibagi jaringan bekabel(wired/wireline network) dan jaringan tanpa kabel/nirkabel (wireless network). Jaringan berkabel, sesuai sebutannya merupakan jaringan yangmenggunakan kabel untuk menghubungkan komputer dalam jaringan, yaitu kabelkoaksial (coaxial), twisted pair yang meliputi kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)dan kabel STP (shielded Twisted Pair), serta serat optic ( FO=fiber optic). Janringan nirkabel merupakan jaringan komputer yang mengunakangelombang radio untuk koneksi antaraanggota jaringan. Salah satu teknologi yangdigunakan dalam wireless network adalah teknologi Wifi (Wireless Fidelity)Penggolongan jaringan komputer berdasarkan topologi. Topologi merupakan informasi dari bentuk sebuah jaringan komputer.Jaringan komputer memiliki banyak jenis topologi, namun ada 4 (empat) jenistopologi yang umum digunakan. Adapun tiga jenis topologi tersebut adalah sebagaiberikut.
  • A. Topologi bus. Topologi bus ini merupakan topologi yang banyak digunakan di awalpenggunaan jaringan komputer karena topologi yang paling sederhana dibandingkandengan topologi lainnya. Jika komputer dihubungkan antara satu dengan lainnyadengan membentuk seperti barisan melalui satu single kabel maka sudah bisadisebut menggunakan topologi bus.Ciri-ciri 1. Teknologi lama, dihubungkan dengan satu kabel dalam satu baris 2. Tidak membutuhkan peralatan aktif untuk menghubungkan terminal/komputer 3. Sangat berpengaruh pada unjuk kerja komunikasi antar komputer, karena hanya bisa digunakan oleh satu komputer 4. Kabel “cut” dan digunakan konektor BNC tipe T 5. Diujung kabel dipasang 50 ohm konektor 6. Jika kabel putus maka komputer lain tidak dapat berkomunikasi dengan lain 7. Susah melakukan pelacakan masalah 8. Discontinue Support.Keunggulan dan kelemahan Keunggulan topologi Bus adalah pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lain. Kelemahan dari topologi ini adalah bila terdapat gangguan di sepanjang kabel pusat maka keseluruhan jaringan akan mengalami gangguan.
  • B.Topologi Ring. Topologi cincin adalah topologi jaringan berbentuk rangkaian titik yangmasing-masing terhubung ke dua titik lainnya, sedemikian sehingga membentukjalur melingkar membentuk cincin. Pada topologi cincin, komunikasi data dapatterganggu jika satu titik mengalami gangguan. Jaringan FDDI mengantisipasikelemahan ini dengan mengirim data searah jarum jam dan berlawanan denganarah jarum jam secara bersamaan.Kelebihan Hemat kabel Tidak akan terjadi tabrakan pengiriman data (collision), karena pada satu waktu hanya satu node yang dapat mengirimkan dataKelemahan Peka kesalahan, sehingga jika terdapat gangguan di suatu node mengakibatkan terganggunya seluruh jaringan. Pengembangan jaringan lebih kaku Sulit mendeteksi kerusakan Dapat terjadi collision[dua paket data tercampur] Diperlukan penanganan dan pengelolaan khusus
  • C.Topologi star Topologi Star Pada Jaringan Komputer. Topologi star atau dalam bahasaindonesia disebut dengan topologi bintang adalah salah satu topologi jaringankomputer. Dalam jaringan komputer sendiri terdapat beberapa topologi yangmasing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Topologibintang merupakan bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari nodetengah ke setiap node atau pengguna. Topologi jaringan bintang termasuk topologijaringan dengan biaya menengah.Kelebihan Kerusakan pada satu saluran hanya akan mempengaruhi jaringan pada saluran tersebut dan station yang terpaut. Tingkat keamanan termasuk tinggi. Tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk. Penambahan dan pengurangan station dapat dilakukan dengan mudah.Kekurangan Kekurangan dari topologi ini, jika node tengah mengalami kerusakan, maka seluruh jaringan akan terhenti. Penanganan dari kekurangan tersebut adalah dengan disiapkannya node tengah .
  • D.Topologi Tree Pohon adalah kombinasi karakteristik antara topologi bintang dan topologibus. Topologi ini terdiri atas kumpulan topologi bintang yang dihubungkan dalamsatu topologi bus sebagai jalur tulang punggung atau backbone. Komputer-komputerdihubungkan ke hub, sedangkan hub lain di hubungkan sebagai jalur tulangpunggung.Kelebihan topologi Tree1. Mudah untuk dikembangkan.2. semua data perusahaan dapat terpusat menjadi satu area kerja.3. kontrol menejmen lebih mudah karena sentralisasi dibagi menjadi beberapa tingkatan.Kekurangan topologi Tree1. Dapat terjadi tabrakan file data.2. Bila terjadi kabel putus pada komuter tingakt diatas, komputer tingkat dibawahnyatidak dapat digunakan.
  • MATERI: Tata Cara Akses Internet dan LocalhostTata Cara Akses Internet dan Localhost• Internet Service ProviderInternet Service Provider adalah suatu perusahaan yang menyediakan layanan jasaakses ke internet baik untuk personal maupun corporate, untuk computer pribadiatau dalam bentuk jaringan.Jenis-jenis koneksi yang diberikan oleh ISP adalah :1. IP connectionJika semua hardware dan software yang kita punya ingin secara langsungterkoneksi ke internet, maka kita harus menggunakan IP address.2. Dial-up connection.Jika kita menggunakan modem untuk dial ke ISp supaya mendapatkan koneksi keinternet, maka hal itu disebut akses dial-up.Berdasarkan sifatnya, ISP dibagi menjadi dua, yaitu :1. ISP Tertutupadalah ISP yang memberikan layanan akses internet hanya pada jaringan lokaldalam lembaga yang bersangkutan.2. ISP TerbukaAdalah ISP yang memberikan layanan akses internet untuk masyarakat luas.Di Indonesia ada beberapa ISP yang menyediakan layanan internet, diantaranyaIndonet, Satelindo, Centrin Internet, LinkNet, telkomNet, dan sebagainya.• Biaya InternetSistem perhitungan biaya berlangganan akses Internet ISP dibagi menjadi tigakategori, yaitu :1. Volume Basedadalah perhitunagn biaya akses Internet yang bergantung pada jumlah data yangdiambil dari Internet.
  • 2. Time Basedadalah perhitunagn biaya akses internet yang bergantung pada waktu yangdigunakan dalam mengakses Internet.3. Flat Rate?Unlimitedadalah perhitungan biaya akses Internet yang tidak bergantung kepada jumlah datayang diambil atau waktu akses Internet.• Layanan ISPISP berkembang berdasarkan kebutuhan pengguna untuk dapet mengaksesOnternet secara mudah dimanapun mereka berada.ISP berusaha memberikanlayanan secara maksimal. Layana ISP tersebut adalah :1. Dial-upAdalah layanan akses Internet dengan menggunakan modem dial-up yangdihubungkan pada line telepon.Penggunaan akses dial-up diagi menjadi empat, yaitu :- Personal dial-up- Corporate dial-up- Night Server Access- LAN dial-up ISDN2. Mobile Accessadalah layanan akses Internet melalui telepon seluler.3. Hotspotadalah layana akses Internet pada lokasi-lokasi tertentu.4. Wirelessadalah layanan akses Internet tanpa kabel.5. Dedicated Connectionadalah layanan akses Internet 24 jam setiap hari selama 7 hari.
  • • Setting Modem Dial-UPPerangkat keras untuk akses Internet harus telah diinstall pada computer sebelummelakukan koneksi ke ISP. Apabila modem yang digunakan adalah modm internal,pasangkan dulu modem tersebut pada slot ekspansi yang terdapat pada mainboard.Apabila modem yang digunakan adalah modem eksternal, hubungkan terlebihdahulu kabel modem pada communication port dan aktifkan modem• Setting koneksi ke ISPSetelah perangkat yang dibutuhkan telah siap dan system operasi computer siappula untuk digunakan.• Koneksi ke InternetLangkah-langkahnya :- klik menu start- arahkan pointer mouse pada Connet To- klik nama koneksi ISP ( misalnya Telkomnet@instan )kemudian akan tampil jendela Connect To Telkomnet@instan- klik Dial,tunggulah proses koneksi.Koneksi Internet Melalui Handphone1. Handphone GSMGPRS dapat menghubungkan anda ke Internetdimana pun berada. Dengan caramengaktifkan layanan GPRS bersangkutan dan selanjutnya setting GPRS.2. Handphone CDMATeknologi telepon seluler CDMA dapat digunakan akses Internet daiantaranyaadalah PT Telkom dengan layanan Flexi dan Indosat dengan layanan Star One.Cara Akses Internet dan LocalhostA. Perbedaan Internet dan Localhost
  • Internet kepanjangan dari Interconnected Network yaitu server jaringan global yangdapat diakses oleh seluruh computer yang ada di dunia dengan kelas IP yangberbeda-beda.Localhost adalah server jaringan lokal yang dapat diakses oleh computer padajaringan lokal tertentu dengan kelas IP yang sama. Untuk mengakses Internet danlocalhost dilakukan dengan menggunakan bahasa protocol yang sama, yaituHyperText Transfer protocol ( HTTP ). Web host Internet disimpan pada computeryang dapat diakses oleh seluruh computer yang terhubung jaringan Internet.B. Akses Internet dan LocalhostUntuk mengakses Internet dan localhost menggunakan cara yang sama. Protokolyang digunakan adalah IP. Web browser yang digunakan adalah Internet Exploler,mozilla Firefox dan Opera.C. Membuat LocalhostMembuat localhost pada computer server dimanfaatkan sebagai mediapembelajaran yang interaktif. Untuk membuat localhost terdapat beberapa softwareyang dibutuhkan, misalnya pada system operasi Windows 2000 server denganmenggunakan Internet Information Server yang sudah terintegrasi.D. Membuat Virtual HostModul vhost digunakan untuk membuat virtual host. Membuat virtual host padacomputer lokal dapat membuat nama domain atau host sesuai keinginan.Misalnya dengan nama domain www.labkom47.com pada platform Windows 2000Server Family.

0 komentar:

Posting Komentar